Tesis

Perbandingan gangguan fungsi paru akibat pajanan debu hyget®Poliester di dalam dan di luar ruangan pada pengrajin wanita sektor informal di Purbalingga = Comparison of pulmonary function disorders caused by exposure to hyget@Polyester dust between craftswomen working indoors and outdoors amongst informal sector workers in Purbalingga.

Latar Belakang. Gangguan Fungsi paru dapat disebabkan oleh beberapa penyakit atau benda –benda asing yang masuk ke dalam saluran napas, diantaranya debu. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan proporsi gangguan fungsi paru dan gejala klinis akibat pajanan debu hyget®Poliester di dalam dan di luar ruangan serta faktor-faktor risiko yang berhubungan pada pengrajin kasur lantai. Metode. Penelitian ini menggunakan Desain Comparative Cross Sectional untuk melihat proporsi penurunan fungsi paru para pengrajin yang terpajan debu hyget®Poliester di dalam dan di luar ruangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, pengamatan langsung, pemeriksaan fisik, pemeriksaan spirometri menggunakan alat spirometri dan pengukuran kadar debu total dengan menggunakan Low Volume Dust Sampler (LVS) di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan SPSS 20. Terhadap semua variabel dilakukan uji bivariat, kemudian variabel yang mempunyai nilai p < 0.25 dilakukan uji multivariat. Hasil. Karakteristik pengrajin kasur lantai di wilayah desa X Kabupaten Purbalingga didominasi oleh pengrajin dengan usia 11 tahun (56%), lama kerja

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Anton Sunaryo - Nama Orang
Faisal Yunus - Nama Orang
Ambar W Roestam - Nama Orang

No. Panggil
T18125fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Kedokteran Komunitas.,
Deskripsi Fisik
xvi, 123 hal; ill; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
T18125fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T18125fkT18125fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan gangguan fungsi paru akibat pajanan debu hyget®Poliester di dalam dan di luar ruangan pada pengrajin wanita sektor informal di Purbalingga = Comparison of pulmonary function disorders caused by exposure to hyget@Polyester dust between craftswomen working indoors and outdoors amongst informal sector workers in Purbalingga.

Related Collection